Susu Kuda Liar: Bagaimana Manfaatnya?

Beragam manfaat susu kuda liar, dari menjaga saluran pencernaan hingga mencegah penyakit.

Manusia melakukan berbagai cara untuk menjaga tubuh tetap sehat. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan minum susu. Ada banyak jenis susu yang dapat dicoba, salah satunya adalah susu kuda liar.

Susu kuda liar sempat menjadi salah satu topik yang paling banyak dibahas beberapa tahun lalu oleh berbagai sumber. Cukup banyak orang yang menggunakan susu kuda liar untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama pada kaum pria karena mereka percaya bahwa susu kuda liar dapat meningkatkan gairah seksual.

Di Indonesia, susu kuda liar adalah jenis susu yang diperoleh dari kuda asal Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Karena memiliki manfaat yang beragam, susu kuda liar juga aman untuk dikonsumsi.

Ketentuan Dalam Memproduksi Susu Kuda Liar

Susu kuda liar adalah salah satu nama yang umum untuk menyebutkan jenis susu ini. Walaupun terdapat kata ‘liar’ pada jenis susu tersebut, kuda yang menghasilkan jenis susu ini sebenarnya dibudidayakan di peternakan khusus. Setiap hari kuda-kuda liar dilepaskan ke alam bebas pada pukul 6 pagi (WITA) untuk mencari makan sendiri di sekitar hutan. Kuda-kuda tersebut kemudian kembali ke peternakan pada pukul 6 sore (WITA).

Agar dapat memasarkan minuman di Indonesia, susu kuda liar perlu memenuhi standar yang diterapkan sebelum dijual secara umum. Susu kuda liar harus memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI) 01-6054-1999 tentang syarat mutu susu kuda liar yang meliputi banyak hal.

Salah satu kriteria yang harus dipenuhi adalah susu kuda liar harus terlihat bagus tanpa adanya benda asing atau pati. Selain itu, warna susu yang dihasilkan melalui susu kuda liar harus putih bersih. Kriteria lain yang perlu diperhatikan adalah susu kuda liar memiliki bau menyengat, memiliki rasa asam, memiliki bobot setidaknya dalam 2 persen, serta memiliki kandungan pH minimal sebesar 3.

Jenis susu tersebut yang diedarkan secara umum tidak perlu dipanaskan selama proses pembuatan atau ditambah dengan bahan lain. Susu kuda liar hanya menggunakan fermentasi alamiah sehingga tidak akan menggumpal atau rusak. Susu kuda liar mampu menjaga kadar kasein yang tinggi.

Manfaat Susu Kuda Liar

Setelah memenuhi kriteria yang disampaikan, susu kuda liar dapat dipasarkan kepada publik. Orang-orang yang membeli susu kuda liar akan mendapatkan manfaat sebagai berikut:

  • Membangun massa otot

Salah satu manfaat yang diperoleh manusia jika mengkonsumsi susu kuda liar adalah mampu membangun massa otot. Susu kuda liar memiliki komposisi yang menonjol berupa whey protein. Kandungan tersebut lebih tinggi dari susu sapi. Selain membangun massa otot, susu kuda liar juga membantu mengurangi lemak pada tubuh agar tubuh terlihat lebih padat.

  • Menjaga saluran pencernaan

Manfaat lain yang diperoleh susu kuda liar adalah menjaga saluran pencernaan. Susu kuda liar terdapat kandungan laktosa, lysozyme, lactoferrin, dan lactadherin.

Selain itu, susu kuda liar terdapat kandungan bakteri asam laktat yang bagus untuk pencernaan manusia berupa Lactobacillus, Weisella, dan Leuconostoc. Kegunaannya untuk melawan bakteri jahat berupa Escherichia coli dan Staphylococcus aureus.

Penelitian juga mengklaim bahwa susu kuda liar terdapat khasiat yang dapat menyembuhkan luka lambung kronis dan pembengkakan pada usus besar.

  • Tidak menimbulkan alergi

Manfaat lain yang diperoleh susu kuda liar adalah tidak menimbulkan alergi. Susu kuda liar memiliki sifat yang dekat dengan air susu ibu (ASI). Bayi dapat mengkonsumsi susu kuda liar jika mereka memiliki intoleransi susu sapi.

  • Mempercantik kulit

Manfaat lain yang diperoleh adalah mampu mempercantik kulit manusia. Manusia dapat mandi dengan susu kuda liar karena terdapat kandungan vitamin C yang bertindak sebagai antioksidan.

  • Mengawetkan makanan

Susu kuda liar juga dapat digunakan untuk mengawetkan makanan. Banyak industri pangan yang menggunakan susu kuda liar, namun harus berusia setidaknya 20 hari karena sifat antimikroba mulai muncul setelah usia tersebut.

  • Mencegah penyakit pada tubuh

Manfaat yang penting dari susu kuda liar adalah mampu mencegah penyakit kanker dan diabetes. Anda hanya perlu konsumsi susu ini secara rutin.

Walaupun manfaat susu kuda liar beragam, penelitian belum dapat menemukan bukti bahwa susu kuda liar dapat menambah vitalitas pria, masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Walaupun demikian, susu kuda liar merupakan pertimbangan bagi mereka yang tidak bisa konsumsi susu sapi.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>