Setelah Kenaikan, Ini Rincian Iuran BPJS Kesehatan Terbaru

Sejak pertama kali diluncurkan, iuran BPJS Kesehatan telah beberapa kali mengalami kenaikan. Belum lama ini, pemerintah baru saja mengeluarkan peraturan baru mengenai kenaikan iuran yang mulai berlaku pada bulan Juli 2020. Lalu, sudahkah Anda mengetahui rincian iuran BPJS Kesehatan terbaru?

Daftar iuran BPJS Kesehatan terbaru

Mulai dari Juli 2020, iuran BPJS Kesehatan akan mengalami peningkatan. Baik peserta kelas I, kelas II, maupun kelas III akan turut terkena kebijakan baru ini.

Pada peserta BPJS Kesehatan kelas I, iuran terbaru yang harus dibayarkan adalah sebesar Rp150.000 per bulan. Sebelumnya, iuran untuk kelas ini adalah Rp80.000.

Selanjutnya, pada peserta kelas II, iuran akan naik dari Rp51.000 menjadi Rp100.000 per bulan. Sementara, iuran untuk peserta kelas III mengalami kenaikan dari Rp25.500 menjadi Rp42.000.

Meski seluruh kelas mengalami kenaikan biaya, peserta kelas III mendapat keuntungan berupa subsidi dari pemerintah. Bagi Anda yang terdaftar sebagai peserta kelas III, Anda hanya tetap perlu membayar iuran sebesar Rp25.500. Selebihnya, pemerintah akan mensubsidi biaya sebesar Rp16.500.

Subsidi ini hanya berlaku bagi peserta kelas III. Peserta BPJS Kesehatan kelas I dan Kelas II tetap harus membayar biaya iuran sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan.

Di tahun 2021 mendatang, pemerintah merencanakan untuk mengurangi subsidi peserta kelas III menjadi hanya sebesar Rp7.000. Jadi, peserta kelas III akan diwajibkan untuk membayar iuran BPJS Kesehatan sebesar Rp35.000.

Cara memeriksa tagihan BPJS Kesehatan yang perlu dibayarkan

Sebagai peserta, Anda diwajibkan untuk membayar iuran BPJS Kesehatan tepat waktu. Setiap bulannya, Anda bisa melakukan pengecekan tagihan untuk memastikan kembali jumlah nominal yang harus dibayarkan.

Ada beberapa pilihan cara untuk memeriksa tagihan BPJS Kesehatan, antara lain:

  • Melalui aplikasi Mobile JKN

Salah satu cara termudah untuk mengecek tagihan Anda adalah dengan mengunduh aplikasi Mobile JKN di ponsel. Melalui aplikasi tersebut, Anda bisa mengetahui rincian tagihan yang harus dibayarkan.

Ketika sudah login ke akun Anda, cobalah untuk memilih menu ‘Premi’ di halaman Mobile JKN. Dari sana, Anda akan diarahkan pada halaman yang menampilkan rincian tagihan Anda.

  • Melalui website BPJS Kesehatan

Apabila Anda enggan mengunduh aplikasi Mobile JKN, Anda juga bisa melakukan pemeriksaan tagihan melalui website resmi BPJS Kesehatan. Untuk melakukannya, Anda cukup mengunjungi situs www.bpjs-kesehatan.go.id.

Setelah itu, pilihlah menu “Cek Iuran BPJS Kesehatan” pada halaman utama. Anda akan diminta untuk mengisi nomor kartu BPJS Kesehatan dan tanggal lahir. Terakhir, akan muncul langkah untuk mengisi angka validasi yang tertera, lalu pilih cek. Anda akan diarahkan pada halaman rincian tagihan, baik yang sudah ataupun belum dibayarkan.

  • Melalui SMS gateaway

Pengecekan tagihan melalui SMS gateaway cocok digunakan saat Anda tidak tersambung dengan jaringan internet. Untuk melakukannya, Anda perlu mengirimkan SMS ke 087775500400 dengan format: Tagihan <spasi> nomor kartu BPJS Kesehatan.

Selain memeriksa tagihan, layanan SMS gateaway juga bisa Anda gunakan untuk memanfaatkan layanan BPJS Kesehatan lainnya. Apabila Anda mengalami gangguan atau tidak tahu format penulisan pesan yang benar, cobalah untuk mengetik HELP dan kirim ke 087775500400.

Setelah memeriksa tagihan, jangan lupa untuk segera membayar iuran BPJS Kesehatan sesuai dengan nominal yang tertera. Keterlambatan pembayaran akan dikenakan denda. Anda bisa memanfaatkan layanan ATM, internet banking, ataupun m-banking untuk melakukan pembayaran.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>