Mengenal Penyakit Ganglion, Kista Yang Rentan Menyerang Wanita

enyakit ganglion adalah benjolan yang sering muncul di persendian

Penyakit ganglion merupakan sebuah benjolan jaringan berbentuk bulat dan berisi cairan yang biasanya muncul di persendian dan tendon atau urat. Kista ini biasanya muncul di pergelangan atau tangan. Namun, dalam beberapa kasus tertentu dapat timbul di pergelangan kaki dan kaki. Kista ganglion dapat memiliki ukuran diameter hingga 1 inci, menyebabkan beberapa kista dapat terlihat dengan jelas berada di bawah permukaan kulit. Penyakit ganglion merupakan jenis penyakit yang umum dijumpai, dan biasanya tidak berbahaya. Penyakit ini bukan merupakan bentuk kanker, dan akan hilang dengan sendirinya tanpa perawatan atau penanganan medis khusus. 

Gejala kista ganglion

Penyakit ganglion menyebabkan kista tumbuh di dekat persendian. Biasanya, dokter dapat mengenali penyakit ini setelah melihat dan memeriksanya. Kista dapat bersifat lunak ataupun keras, dan dapat bergerak bebas di bawah kulit. 

  • Lokasi. Kista biasanya terbentuk di atas atau bawah pergelangan tangan. Dalam beberapa kasus, kista dapat muncul di sisi telapak tangan pergelangan tangan, di telapak tangan di bagian bawah jari, atau di atas persendian akhir jari. Kista juga dapat tumbuh di atas kaki, pergelangan kaki, dan lutut. 
  • Rasa sakit. Penyakit ganglion dapat menyebabkan rasa sakit ataupun tidak, tergantung apakah kista menekan sebuah saraf atau tidak. 
  • Ukuran. Ukuran kista bervariasi, mulai sekecil kacang hingga sebesar bola golf. 

Daerah sekitar kista juga akan terasa mati rasa. Selain itu, karena kista dapat terbentuk di tangan atau pergelangan tangan, seseorang dapat kehilangan kekuatan dalam menggenggam. 

Penyebab dan faktor risiko

Hingga saat ini, dokter masih belum tahu apa yang menyebabkan penyakit ganglion. Ada kemungkinan kista terbentuk akibat kebocoran cairan sinovial pada persendian. Kista ganglion biasanya menempel pada kapsul persendian atau selubung tendon yang menyebabkannya. Beberapa faktor risiko yang menyebabkan kondisi ini di antaranya adalah:

  • Usia dan jenis kelamin. Kista ganglion dapat memengaruhi siapa saja dan kapan saja. Namun, kondisi ini sering ditemukan pada perempuan berusia 15 hingga 40 tahun. 
  • Penggunaan berlebih. Orang-orang yang menggunakan persendian tertentu secara keras dan rutin memiliki risiko lebih tinggi menderita kista ganglion. Pesenam wanita, contohnya, rentan menderita kista ganglion.
  • Cidera tendon atau persendian. Sekitar 10 persen dari kista ganglion muncul di daerah-daerah yang mengalami cidera. 
  • Trauma. Kista ganglion dapat terbentuk akibat satu kecelakaan besar atau cidera kecil yang terus berulang. 

Para ahli masih belum tahu penyebab sesungguhnya mengapa kista ganglion dapat terbentuk. Namun, stres persedian dianggap memiliki peran karena kista sering berkembang di daerah-daerah yang sering digunakan atau mendapatkan trauma benturan. Selain itu, kista ganglion juga dapat terbentuk akibat bocornya cairan sinovial dari persendian ke daerah-daerah di sekitarnya. 

Penyakit ganglion biasanya tidak membutuhkan perawatan medis khusus, selama kista tidak menyebabkan rasa sakit ataupun rasa tidak nyaman. Dalam beberapa kasus, kista akan hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan apapun, namun tidak sedikit yang membutuhkan waktu bertahun-tahun agar kista hilang dengan sepenuhnya. Dokter juga akan merekomendasikan beberapa jenis perawatan khusus apabila kista menekan saraf dan menyebabkan rasa sakit. Kista penyakit ganglion tidak menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Akan tetapi, apabila kista menyebabkan rasa sakit dan membatasi pergerakan Anda, konsultasi dengan dokter. Dokter akan melakukan diagnosa dan merekomendasikan prosedur perawatan seperti operasi untuk menghilangkannya. Prosedur bedah dapat meninggalkan bekas luka, dan ada risiko kista ganglion dapat muncul kembali di kemudian hari.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>