Makan Pedas Saat Sahur Membuat Kehausan

Sebaiknya, Anda menghindari makan pedas saat sahur maupun berbuka puasa

Puasa dari subuh hingga senja di bulan Ramadhan dapat membuat Anda kelelahan, sehingga pilihan makanan ketika sahur sangatlah penting. Terdapat beberapa makanan yang perlu Anda hindari saat sahur agar menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi, salah satunya makanan yang mengandung terlalu banyak garam dan makanan pedas.

Sahur merupakan hal yang penting bagi siapa saja yang berpuasa. Karena cuaca yang panas, tubuh Anda akan kehilangan lebih banyak air, sehingga Anda perlu mengonsumsi makanan yang akan memuaskan dahaga dalam jangka waktu yang panjang. Maka dari itu, makan pedas saat sahur sebaiknya Anda hindari sebisa mungkin. Jadi, makanan apa yang perlu Anda konsumsi saat sahur agar tetap sehat saat berpuasa?

  • Spesialis mengatakan, makanan berat tidak disarankan untuk dikonsumsi saat sahur

Anda menganggap sahur sebagai sarapan pagi. Pikirkan bagaimana Anda mengonsumsi makanan bergizi dan ringan saat sarapan; hal yang sama juga berlaku untuk sahur. Anda juga disarankan untuk mengkonsumsi banyak cairan bersamaan dengan sarapan atau sahur bergizi.

  • Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan yang penyerapannya lebih lambat daripada nutrisi lain untuk menciptakan rasa kenyang

Makanan yang meningkatkan kadar gula darah secara perlahan seperti daging, susu, keju, yoghurt, telur, tetapi pada saat yang sama menciptakan perasaan kenyang. Oleh karena itu, Anda dapat mengkonsumsi makanan-makanan tersebut dalam makanan sahur Anda. 

  • Jauhi pastry dan goreng-gorengan

Jenis makanan ini akan menantang sistem pencernaan Anda dan membuka jalan bagi penyakit perut, karena Anda tidak punya terlalu banyak waktu untuk mencerna makanan yang Anda makan saat sahur. Anda juga harus mempertimbangkan bahwa Anda akan tidur beberapa jam setelah sahur, sehingga Anda disarankan untuk menjauhi makanan yang terlalu berat.

  • Makanan pedas dan manis dapat mengganggu Anda saat berpuasa, Anda harus menggantinya dengan makanan yang lebih sehat

Makanan pedas dapat menyebabkan Anda menjadi lebih haus dan makanan manis akan membuat Anda lebih cepat lapar. Jadi, Anda disarankan untuk tidak memilih makanan pedas dan konsumsi lebih banyak buah daripada makanan manis lainnya. Hindari makanan yang panas, pedas atau asin. Terlalu banyak makanan asin akan membuat tubuh Anda menahan air dan memberi Anda perasaan kembung, sementara makanan pedas juga menyebabkan rasa haus.

  • Konsumsi susu

Menurut para ahli;  susu adalah nutrisi yang mengurangi kebutuhan tubuh manusia akan rasa lapar secara maksimal. Hasil penelitian menunjukkan, 1 gelas susu dapat membuat seseorang kenyang selama 5 jam. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk minum susu saat sahur. Susu, di satu sisi, akan membuat Anda kenyang dan memberi Anda mineral dan vitamin yang akan Anda butuhkan selama bulan Ramadhan.

  • Minum banyak air

Sayangnya, Anda tidak mungkin minum 8 gelas air sekaligus ketika berpuasa. Oleh karena itu, Anda jangan menunda konsumsi air ketika sahur. Dengan mengkonsumsi air dalam interval tertentu setelah berbuka puasa, Anda dapat menjaga tubuh Anda untuk memiliki kebutuhan air yang cukup. 

Pada umumnya, keinginan Anda untuk mengkonsumsi makanan tertentu ketika berpuasa melonjak cukup pesat. Dari makanan manis, pedas hingga goreng-gorengan. Meskipun berpuasa, Anda tetap harus menjaga kesehatan tubuh Anda. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk membatasi makanan manis, pedas dan asin baik ketika sahur maupun berbuka. Makanan manis harus dibatasi untuk menghindari gangguan pencernaan, mulas dan masalah berat badan. Sedangkan makanan pedas dan asin dibatasi untuk menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi ketika berpuasa.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>