Kenali Gejala Sederhana Pada Gangguan Saraf

Terdapat miliaran saraf di tubuh Anda, sebagian besar dari mereka adalah saraf tepi. Ketika Anda memiliki gangguan terhadap saraf tepi Anda, Anda mungkin kesulitan dalam melakukan berbagai aktivitas. 

Saraf tepi, seperti cabang-cabang pohon yang tersebar di seluruh tubuh, mengirimkan pesan kembali ke otak dan sumsum tulang belakang Anda. Ketika semuanya berjalan dengan lancar, otak Anda mendapatkan info yang dibutuhkan sehingga Anda dapat menggerakkan otot, mengenali rasa sakit, dan menjaga organ internal Anda berfungsi dengan baik.

Tetapi ketika Anda memiliki gangguan pada saraf tepi, Anda mungkin mengalami rasa sakit yang tak henti-hentinya, atau Anda bisa berakhir dengan cedera serius.

Gangguan saraf pada umumnya berkembang lambat, sehingga Anda mungkin bisa mengobatinya sebelum gangguan tersebut memburuk. Berikut cara mengenali gejala ketika mengalami gangguan saraf perifer atau saraf tepi:

  • Anda merasa mati rasa, kesemutan, atau terbakar

Sensasi ini adalah tanda awal gangguM saraf, dan dapat menyebar dari tangan atau kaki Anda ke lengan atau kaki Anda. Kompresi saraf sensorik (sering saat tidur) relatif umum terjadi, dan gejala seperti mati rasa atau kesemutan dapat bersifat sementara.

  • Terluka karena Anda tidak merasakan sesuatu yang seharusnya Anda miliki

Saraf sensorik seharusnya memberi tahu otak Anda bahwa suatu permukaan berbahaya dalam beberapa hal, dan jika mereka tidak melakukan tugasnya dengan baik, Anda mungkin tampak lebih rentan mengalami kecelakaan. Jika Anda memiliki luka bakar, luka, atau trauma lain karena Anda tidak menyadari bahwa Anda menyentuh sesuatu yang panas, tajam, atau tidak nyaman, segera kunjungi dokter.

  • Sulit untuk menggerakkan bagian tubuh Anda

Jika saraf motorik mengalami gangguan, maka kelemahan otot atau bahkan kelumpuhan dapat terjadi. 

  • Mengalami sakit kepala yang singkat dan intens 

Anda mungkin memiliki sesuatu yang disebut neuralgia oksipital, suatu kondisi yang dapat terjadi ketika saraf di leher Anda terjepit.  Anda mungkin membutuhkan blok saraf, suntikan yang untuk sementara waktu menghalangi saraf bermasalah dari transmisi sinyal nyeri.

Saraf merupakan sesuatu yang rapuh dan dapat rusak karena tekanan, peregangan, atau pemotongan. Gangguan pada saraf dapat menghentikan sinyal ke dan dari otak, menyebabkan otot Anda tidak berfungsi dengan baik, dan hilangnya perasaan di daerah yang terluka.

Meskipun gangguan saraf dapat menyebabkan masalah yang berkepanjangan, perawatan yang tepat bisa membantu Anda kembali ke fungsi yang lebih normal. Segera berkonsultasi dengan dokter, jika Anda merasakan gangguan pada saraf Anda.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>