Fungsi Sodium Hyaluronate yang Perlu Dipahami

Merupakan obat yang digunakan untuk melindungi beberapa kondisi luka pada kulit, seperti borok, luka bakar, luka iritasi hingga benar-benar sembuh disebut dengan sodium hyalunorate. Hyaluronate mirip dengan zat alami yang ditemukan dalam tubuh seseorang, bekerja dengan membentuk lapisan pelindung di atas daerah yang terluka.

Obat ini hanya diperuntukkan mengobati kulit, dalam penggunaannya tangan terlebih dahulu harus dicuci. Kemudian melakukan sterilisasi daerah yang terluka seperti yang diarahkan oleh dokter, kemudian barulah obat dioleskan secara tipis-tipis pada kulit. Proses pengobatan kulit mengguakan obat ini dilakukan dua sampai tiga kali dalam sehari.

Fungsi Sodium Hyaluronate

Obat ini merupakan garam natrium dari Hyaluronic acid, adalah senyawa glukosaminoglikan yang dapat ditemukan di berbagai jaringan ikat manusia. Fungsi secara umum obat ini adalah sebagai pelumas jaringan dan peredam kejut, senyawa tersebut dapat membentuk larutan viskoelastis di dalam air, berikut beberapa kegunaan lain obat ini yang perlu diketahui.

  • Digunakan sebagai pereda nyeri untuk pasien osteoarthritis yang gagal merespons terapi non farmakologis konservatif dan obat analgesik sederhana seperti paracetamol.
  • Sebagai bantuan operasi ophthalmic, humour berarir dan vitreous seperti ekstraksi katarak bak intra dan ekstaskapular, implantas lensa intraokular, transplantasi kornea, filtrasi glaukoma dan operasi pelepasan retina serta untuk pengobatan mata kering.
  • Diberikan secara injeksi sebagai pengobatan untuk mengurangi keriput wajah, di tahun 2017 telah disetujui oleh FDA sebanyak 13 preparat hyaluronate dan disebut dengan nama dermal fillers.
  • Digunakan secara topikal membantu proses penyembuhan luka dengan cara menyediakan fasilitas penyerapan biomaromolekul. Fungsinya sama seperti nanocarrier, yakni mengambil faktor pertumbuhan peptida dan protein struktural lain ke lokasi tindakan. Protein yang terdegradasi secara enzimatik dan aktif dilepaskan untuk meningkatkan perbaikan jaringan.

Peringatan Penggunaan

Sebelum menggunakan obat tertentu sangat dianjurkan untuk mempertimbangkan risiko dan manfaatnya terlebih dahulu. Berikut ini beberapa peringatan penggunaan obat agar nantinya mampu memilih keputusan yang dibuat dengan dokter.

  • Alergi

Beri tahu dokter jika mengalami reaksi tak biasa seperti alergi pada obat ini atau obat lainnya, pun dengan alergi lain seperti alergu makanan, pewarna, pengawet dan alergi hewan. Jika membeli obat ini tanpa resep, pastikan terlebih dahulu membaca label yang tertera di kemasan.

  • Anak-anak

Penelitian terhadap obat ini hanya dilakukan pada orang atau pasien dewasa dan tidak ada infoemasi spesifik mengenai penggunaan obat tersebut pada anak-anak dengan kelompok usia tertentu. Diperlukan resep atau saran dari dokter agar obat ini bisa dikonsumsikan kepada anak-anak usia tertentu.

  • Lansia

Pada umumnya banyak obat-obatan yang tidak diteliti secara khusus pada orang tua, hal ini memungkinkan tidak diketahuinya apakah obat tersebut akan bekerja dengan cara yang sama ketika dikonsumsi orang dewasa atau yang lebih muda. Bisa jadi muncul efek samping yang membuat lansia mengalami gangguan.

Lebih lanjut belum ada informasi yang memadai mengenai keamanan penggunaan obat ini terhadap ibu hamil dan menyusui. Perlu dikonsultasikan secara rutin dengan dokter ketika ibu hamil dan menyusui mempertimbangkan untuk mengonsumsi obat ini.

Perlu diketahui bahwa interaksi sodium hyaluronate bisa mengubah kinerja obat atau meningkatkan risiko efek samping yang serus. Tidak semua memungkinkan interaksi obat tercantum dalam dokumen, sangat disarankan untuk menyimpan daftar semua produk yang digunakan seseorang lalu melakukan konsultasi dengan dokter atau apoteker.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>