Etika Pergaulan Membantu Membangun Persahabatan Yang Kuat

Persahabatan adalah hubungan cinta besar yang belum dijelajahi di sebagian besar kehidupan kita. Kita memperhatikan romansa, memperhatikan keluarga, tetapi terkadang sering lupa kompleksitas dan urgensi dalam merawat ikatan persahabatan. Ternyata persahabatan juga memerlukan etika pergaulan.

Kebanyakan orang mungkin lupa bahwa persahabatan, seperti semua urusan hati, membawa sejumlah masalah emosional yang serupa dengan yang ditemukan dalam hubungan romantis, yaitu kecemburuan, posesif, iri hati, kompetisi, eksploitasi, pengkhianatan, rasa tidak aman dan, tentu saja, ketertarikan seksual.

Itulah sebabnya persahabatan sangat menarik sebagai cermin kehidupan batin, dan mengapa etika pergaulan dalam pertemanan atau persahabatan dianggap perlu. Model pertemanan menunjukkan bahwa ada dua kategori utama faktor yang mempengaruhi pilihan dan pencarian teman potensial Anda, seperti faktor individu dan faktor lingkungan.

Faktor individu termasuk pengaruh seperti kemampuan didekati, keterampilan sosial, pengungkapan diri, kesamaan, dan kedekatan. Faktor lingkungan termasuk pengaruh seperti kedekatan, geografi, kegiatan, dan peristiwa kehidupan.

Ikatan Anda dengan teman-teman Anda merupakan beberapa hubungan paling penting yang akan Anda buat sepanjang hidup dan tidak perlu dikatakan bahwa persahabatan yang sehat tidak dapat tumbuh tanpa perawatan dan perhatian yang tepat. 

Persahabatan yang sehat membutuhkan perpaduan etika pergaulan antara kepercayaan, kasih sayang, empati, dan rasa saling menghormati antara hal-hal lain untuk benar-benar berakar dan berkembang dengan baik. Berikut 5 persyaratan penting dalam etika pergaulan untuk persahabatan yang baik:

  • Kepercayaan

Mampu memiliki kepercayaan pada teman Anda adalah salah satu persyaratan paling penting dari hubungan yang kuat karena persahabatan sejati berarti Anda dapat saling mengandalkan. Bagian dari merawat seorang teman adalah menghormati apa yang mereka katakan kepada Anda. Mendengarkan dengan telinga terbuka dan memberikan saran jika diminta. 

  • Persamaan

Kesetaraan merupakan unsur penting dalam etika pergaulan persahabatan yang sehat. Dalam persahabatan yang sehat, sesama teman harus dapat membuat keputusan bersama dan berkompromi antara satu sama lain.

  • Kasih sayang

Memiliki kasih sayang adalah ketika Anda dapat berempati dan benar-benar ada untuk teman-teman Anda pada saat dibutuhkan.  Memiliki kasih sayang dan empati adalah persyaratan untuk persahabatan yang sehat karena penting untuk memiliki teman yang dapat Anda andalkan untuk Anda.

  • Kejujuran

Kejujuran adalah syarat etika pergaulan untuk persahabatan yang kuat dan sukses. Meskipun jujur ​​bisa berarti memiliki percakapan yang lebih sulit dengan teman Anda, hal ini akan membuat persahabatan Anda menjadi lebih kuat dan lebih baik.

  • Independen

Dalam persahabatan yang sukses, selalu penting untuk menjadi mandiri atau independen dari teman Anda. Hal ini memungkinkan Anda dan teman Anda untuk memiliki ruang pribadi yang sama-sama dibutuhkan.

Pada dasarnya, orang-orang yang kita sukai adalah mereka yang membuat kita merasa nyaman mengenai diri kita sendiri, apa yang kita percayai, dan apa yang kita nikmati. Etika pergaulan mendukung aspek identitas pada pertemanan dan persahabatan, sehingga membantu hubungan Anda menjadi lebih baik dan kuat.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>