Cara Mengukur Suhu Tubuh Normal Manusia dan Jenis Termometer yang Bisa Digunakan

Mengetahui suhu normal tubuh di masa pandemi ini adalah yang yang penting. Sebab, di mana-mana akan ada pengecekan untuk memastikan Anda tidak sedang demam. Sehingga Anda perlu tahu cara mengecek suhu tubuh normal manusia yang benar seperti apa.

Mengetahui Suhu Tubuh Normal Manusia

HIngga sekarang masih banyak yang berpikir bahwa suhu tubuh normal manusia itu adalah 37 derajat Celsius. Padahal ternyata, tidak selalu suhu tubuh normal tepat pada titik tersebut.

Menurut beberapa studi yang pernah dilakukan, suhu tubuh normal manusia ada di angka 36,1 hingga 37,2 derajat Celsius. Patokan ini berdasarkan pada hasil penelitian dokter Carl Wunderlich asal Jerman. Menurut dia, suhu tubuh normal manusia berdasarkan sesuai kelompok usia sebagai berikut:

  • Suhu tubuh normal bayinberada di kisaran 36,3 – 37,7 derajat Celsius
  • Suhu tubuh normal anak berada di kisaran 36,1 – 37,7 derajat Celsius
  • Suhu tubuh normal orang dewasa ada di kisaran angka 36,5 – 37,5 derajat Celsius

Meski begitu, suhu tubuh normal manusia ini tentunya dapat berubah sepanjang hari.

Apa Saja yang Dapat Mempengaruhi Suhu Tubuh Manusia?

Suhu tubuh manusia tidak akan [ersis di angka yang sama sepanjang harinya. Ada banyak hal yang mempengaruhi sehingga suhu tubuh menjadi naik atau turun.

Suhu tubuh normal manusia diatur oleh kinerja otak. Mulai dari mengatur metabolisme hingga fungsi lain untuk terus membuat tubuh menjadi normal. Namun, ada pula faktor lain yang mempengaruhi suhu tubuh, seperti cuaca panas atau dingin, misalnya.

Berikut beberapa hal yang dapat mempengaruhi perubahan suhu tubuh manusia, yaitu:

  • Waktu, biasanya di pagi hari suhu tubuh akan rendah dan tinggi di sore hari
  • Beragam aktivitas yang dilakukan
  • Bagian tubuh yang diukur. Suhu tubuh pada area tertentu dapat menghasilkan suhu yang berbeda-beda, seperti ketiak, mulut, hingga rektal akan berbeda hasilnya
  • Siklus mentsruasi, biasanya suhu tubuh berbeda
  • Makanan dan minuman yang dikonsumsi
  • Usia

Seiring bertambahnya usia, biasanya suhu tubuh akan terus menurun. Orang yang lanjut usia memiliki suhu tubuh lebih rendah dibanding standar di atas.

Cara Mengukur Suhu Tubuh

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengukur suhu tubuh normal manusia. Termometer yang digunakan pun ada beragam jenisnya sesuai dengan kebutuhan.

  1. Termometer Elektronik

Termometer ini terbuat dari plastik, bagian ujungnya seperti pensil. Biasanya termometer elektronik bisa digunakan di ketiak, rektum, atau juga mulut. Keunggulannya, termometer elektronik lebih mudah digunakan dan dibaca angkanya.

  • Termometer Telinga

Termometer telinga ini bentuknya berupa kerucut kecil dan digunakan pada telinga. Lalu, dalam hitungan detik, akan muncul angka yang menunjukkan suhu tubuh Anda di layar digital.

  • Termometer Dahi

Termometer ini mengukur suhu kulit untuk menentukan suhu tubuh manusia. Penggunaannya mudah, cukup dengan ditempel di dahi dan hasilnya akan ketahuan.

  • Termometer Sekali Pakai

Termometer sekali pakai ini digunakan pada mulut atau bisa juga pada rektum. Termometer jenis ini juga dapat digunakan untuk mengukur suhu tubuh bayi selama 48 jam secara terus menerus di kulit bayi. Meski aman digunakan, tapi hasilnya kurang akurat dibanding termometer telinga dan elektronik.

  • Termometer Arteri Temporal

Termometer ini biasanya digunakan untuk mengetahui suhu tubuh pada bagian dahi.

  • Termometer Dot

Sesuai namanya, termometer ini berbentuk dot bayi. Cara penggunaannya cukup diletakkan di mulut bayi ketika ingin mengukur suhu tubuh. Namun, termometer ini kurang efektif dan tidak cukup efisien karena hasilnya tidak langsung muncul, tetapi butuh waktu. Selain itu juga hasilnya kurang akurat dibanding jenis termometer lainnya.

Memahami suhu tubuh normal manusia sangatlah penting. Apalagi di tengah pandemi virus corona sekarang ini. Selalu sediakan termometer di rumah agar Anda bisa segera mendeteksi subuh tubuh untuk mengantisipasi lebih awal kondisi kesehatan Anda.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>