10 Pereda Sakit Punggung yang Efektif di Masa Kehamilan

Beberapa masalah saat kehamilan menjadi perhatian penting bagi calon ibu, misalnya seperti rasa sakit di bagian punggung yang seringkali muncul. Sakit punggung pada masa kehamilan memang bisa diatasi dengan obat pereda nyeri. Namun, penggunaan obat tentu berisiko bagi bayi dalam kandungan. Untuk itulah, Anda perlu mengatasinya dengan cara alami.

Nah, berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi sakit punggung yang Anda alami. Sebaiknya lakukan beberapa treatment berikut secara rutin untuk mengatasi masalah punggung yang dirasakan.

1. Meditasi

Meditasi merupakan teknik penting untuk menjaga kondisi psikis terutama bagi ibu hamil yang rentan stres. Aktivitas ini bisa dilakukan di berbagai waktu dan lokasi. Meditasi bisa dilakukan dengan cara duduk atau berbaring. Anda pun bisa melakukannya dalam suasana yang hening, atau menggunakan audio sebagai panduan.

Cobalah untuk melakukan meditasi secara rutin untuk mengelola emosi serta kadar stres. Selain itu, meditasi bisa meningkatkan toleransi tubuh terhadap rasa sakit, seperti sakit punggung atau sakit saat persalinan.

2. Pijat Prenatal

Pemijatan di masa kehamilan hanya bisa dilakukan oleh ahli dan telah dikonsultasikan dengan dokter kandungan. Pemijatan ini berfungsi untuk mengurangi rasa sakit secara fisik dan meringankan tingkat depresi atau kecemasan. Pilihlah metode pemijatan yang lembut dan menenangkan, dengan posisi berbaring.

3. Akupuntur

Merangsang titik akupunktur, baik melalui penyisipan jarum atau akupresur (menggunakan jari), bermanfaat untuk ibu hamil. Akupuntur memperbaiki proses pencernaan, meningkatkan energi, meringankan morning sickness serta sakit kepala migrain.

Teknik akupuntur juga bisa menjadi pereda sakit punggung yang efektif. Dengan melakukan pemijatan akupuntur, Anda pun bisa bergerak lebih nyaman tanpa rasa sakit di sekitar punggung. Pemijatan akupuntur bisa dilakukan dengan berkonsultasi terlebih pada dokter kandungan. Jangan lupa mencari ahli yang sudah berpengalaman.

4. Berenang

Jika Anda hobi berenang, maka inilah cara yang pas untuk meredakan sakit punggung. Berenang bisa melancarkan sirkulasi darah terhambat, yang kemungkinan bisa menjadi penyebab sakit di punggung.

5. Sabuk Kehamilan

Menggunakan sabuk kehamilan juga bisa menjadi langkah untuk mengurangi rasa sakit di bagian punggung. Biasanya, sabuk ini dipakai setelah masa kehamilan mencapai trimester kedua dan terakhir.

6. Hindari High Heels

Tampil cantik selama kehamilan memang tidak dilarang. Namun, jika selama ini selalu mengenakan high heels untuk menunjang penampilan, sebaiknya Anda mempertimbangkannya kembali. Sebab, sepatu berhak tinggi bisa berbahaya bagi ibu hami. Sebaiknya Anda mengurangi pemakaian high heels saat masa kehamilan untuk mencegah sakit punggung dan risiko terpeleset.

7. Kenyamanan Istirahat

Kenyamanan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas adalah kebutuhan selama masa kehamilan. Untuk itu, atur waktu tidur Anda serta lengkapi kenyamanan dalam tidur dengan menyediakan kasur empuk dan menciptakan suasana tenang.

8. Terapi Fisik

Pereda sakit punggung di masa kehamilan selanjutnya adalah dengan terapi fisik. Terapi ini bisa dijalani dengan anjuran dari dokter serta ketentuan medis, sambil melihat kondisi Anda dan kehamilan.

9. Yoga

Yoga bisa mengurangi sakit punggung yang dirasakan pada masa kehamilan. Yoga mendukung sirkulasi udara dan pemenuhan kebutuhan oksigen untuk dialirkan pada seluruh tubuh.

10. Pengobatan Alternatif Tulang

Pengobatan alternatif juga bisa dicoba untuk mengurangi rasa sakit dibagian punggung. Dengan catatan, Anda menjalani pengobatan dengan ahli yang tepat dan sudah berlisensi untuk melakukan tindakan ini.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi sakit punggung yang biasa dirasakan ketika masa kehamilan.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>